6 Langkah Memulai Bisnis Bagi Pemula

Selasa, 11 Agustus 2020 : 17.16

Membuka usaha sendiri bisa menjadi salah satu jalan menuju tangga kesuksesan, bahkan orang-orang terkaya di dunia pun sukses karena bisnis, bukan faktor lain. Namun, sebagian orang tidak paham apa saja langkah-langkah yang harus dilakukan untuk memulai bisnis sendiri dari nol.


Makanya pada artikel ini saya akan menjelaskan bagaimana cara memulai bisnis baru dan tahap-tahap yang harus dilakukan sampai bisnis itu bisa berjalan, berikut ini adalah penjelasannya.

Melakukan Riset

Sebelum memulai bisnis kita harus melakukan riset dulu, bisnis apa yang cocok dijalankan saat ini, bagaimana cara mempromosikannya, siapa pesaingnya, bagaimana cara mengalahkan si pesaing itu dan lain-lain. Memulai dari hal-hal dasar dulu.

Menentukan Bisnis Apa Yang Ingin Dijalankan

Langkah selanjutnya kamu harus menentukan dulu bisnis apa yang ingin dibuat. Untuk pemula, disarankan agar menjalankan bisnis yang sesuai dengan passion dan harus sudah paham dengan bisnisnya supaya mudah saat dijalankan nanti.

Menyiapkan Sistem

Setelah itu kamu sudah bisa mengatur apa saja yang ingin dijual dan bagaimana cara menjalankan bisnis. Apalagi hal-hal yang bersifat teknis, itu benar-benar harus diperhatikan.

Jangan sampai di dalam bisnis kamu nanti terdapat kecacatan sistem, semuanya harus di atur sebaik mungkin.

Menyiapkan Modal

Ini adalah yang paling penting, bagaimana kamu memulai usaha jika tidak punya modal. Kamu juga boleh meminjam modal dari orang lain dulu jika tidak punya modal sendiri, nanti dikembalikan lagi.

Atau kamu boleh juga menggunakan modal dari orang lain dengan menggunakan sistem bagi hasil.

Memulai Bisnis

Setelah semuanya siap, kamu bisa memulai bisnisnya. Ini adalah garis start yang sesungguhnya. Di fase ini kamu bakal mendapatkan banyak kendala. Tapi tenang, jika kamu tetap konsisten nantinya kamu bakal terbiasa dan kamu bisa menghadapi kendala itu dengan mudah.

Melakukan Analisis

Tahap ini biasa sering disebut juga dengan tahap evaluasi, kita harus melihat apa saja kekurangan bisnis kita, hal-hal yang perlu diperbaiki, ditingkatkan dan ditambahkan. Jika tidak melakukan evaluasi maka bisnis kita tidak akan ada perkembangan.

Itulah 6 langkah memulai bisnis dari nol bagi pemula, mudah-mudahan bisnis yang ingin kamu jalankan berjalan sempurna.
Share this Article
Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya
2020 ©PT. Universal Media Indonesia - Retorikanews